dinkeskabkolaka@gmail.com
588 views

Pastikan Keamanan Pangan Jelang NATARU, Dinkes Kolaka Laksanakan Pemantauan

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kolaka Drs. Harun Masirri, Apt, M.Kes memimpin langsung pemantauan Keamanan Pangan jelang Nataru

Hari ini Selasa 20 Desember 2022, Tim dari Dinas Kesehatan Kab. Kolaka melakukan pemantauan pangan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Kegiatan ini menyasar beberapa sampel Toko Grosir, Ritel, dan Gudang Distributor pangan yang ada di Kolaka. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kolaka Drs. Harun Masirri beserta Tim dari Seksi Kefarmasian, Alkes, dan PKRT Dinkes Kab. Kolaka, serta melibatkan beberapa awak media. Di sela-sela pelaksanaan pemantauan ini, Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan kepada pihak toko bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memastikan dan memberi rasa aman bagi masyarakat bahwa pangan yang beredar di Kolaka ini harus aman dan layak konsumsi. Sebagaimana diketahui bahwa setiap menjelang hari raya maka kebutuhan masyarakat akan pangan turut meningkat sehingga kami harus memastikan pangan yang beredar aman untuk semua masyarakat.

Produk yang ditemukan tidak layak edar kemudian didata dan dibuatkan Berita Acara

Dalam kegiatan pemantauan ini masih ditemukan beberapa pangan yang tidak layak konsumsi yang masih terpajang di etalase toko antara lain produk yang sudah kedaluwarsa dan kemasan produk yang rusak. Ditemukan juga beberapa produk makanan yang dipajang bercampur dengan produk non makanan yang memungkinkan bisa mencemari produk makanan tersebut. Dalam pemantauan ini, tim juga menemukan obat dengan logo biru pada salah satu toko ritel yang seharusnya hanya boleh dijual di toko obat berizin atau apotek. Selain itu, ditemukan juga toko dan distributor pangan yang penyimpanan produknya tidak semestinya misalnya produk makanan yang disimpan tanpa menggunakan pengalas atau valet sehingga berpotensi terjadi pencemaran dan kerusakan produk.

Karena kegiatan ini sifatnya hanya pemantauan dan pembinaan, maka temuan-temuan tersebut ditindaklanjuti dengan teguran dan pembinaan, yang kemudian dituangkan dalam berita acara dan ditanda tangani oleh Tim dan pemilik toko/distributor, dengan catatan untuk memperbaiki sistem pengelolaan produk pangan yang dijual. Menurut Kepala Dinas Kesehatan bahwa nantinya hasil pemantauan ini akan kami sampaikan ke pimpinan serta ke Balai POM Kendari selaku lembaga yang lebih berwenang dalam hal pengawasan peredaran obat dan makanan.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kolaka saat diwawancara oleh awak media terkait kegiatan pemantauan ini

Diakhir kegiatan pemantauan, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kolaka menyempatkan untuk sesi wawancara kepada awak media. Dalam petikan wawancaranya beliau mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya, tujuannya yaitu untuk melindungi masyarakat dari produk-produk yang tidak memenuhi syarat. Tidak memenuhi syarat itu bisa karena produk itu kedaluwarsa, dan bisa juga karena kemasannya rusak sehingga tidak memenuhi syarat. Jadi dari hasil sampling ini ternyata memang masih kami temukan produk-produk yang tidak memenuhi syarat antara lain produk kedaluwarsa, ada juga produk yang telah rusak kemasannya tapi masih dicampur dengan produk yang masih bagus dalam 1 etalase sehingga berpotensi tercemar. Hal ini kami harapkan jadi pembelajaran bagi semua pihak, utamanya masyarakat sebagai konsumen untuk senantiasa mengecek produk sebelum dibeli mulai dari kemasannya, tanggal kedaluwarsanya, dan izin edarnya. Begitu juga bagi pihak distributor maupun pedagang agar senantiasa mengontrol produk-produk yang dijual agar kita semua senantiasa terlindungi.

 

#Humas_Dinkes

Leave a Reply

*