dinkeskabkolaka@gmail.com
977 views

Perwakilan Kader Posyandu Ikuti Jambore Tingkat Kab. Kolaka

Para Undangan dan Perwakilan Kader Posyandu pada Acara Pembukaan Jambore

Kader Posyandu adalah kader kesehatan yang berasal dari warga masyarakat yang dipilih masyarakat oleh masyarakat serta bekerja dengan sukarela untuk membantu peningkatan kesehatan masyarakat di wilayah kerja Posyandunya. Kader Posyandu adalah kader yang berperan dan dan bertugas di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dengan kegiatan rutin setiap bulannya melakukan 4 (empat) langkah pelayanan dari 5 (lima) pelayanan di Posyandu. Kader Posyandu merupakan penggerak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam upaya kesehatan masyarakat.

Oleh karena itu, peran aktif kader tentunya harus ditunjang dengan kemampuan pengetahuan dasar kesehatan dalam lingkup promotif dan preventif dengan harapan bahwa melalui pengetahuan tersebut dapat menjadi bekal dalam mengedukasi masyarakat untuk berperilaku hidup sehat di wilayah kerjanya. Dengan dasar inilah kemudian Pemerintah Kabupaten Kolaka melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan Jambore Kader Posyandu Tingkat Kabupaten Kolaka Tahun 2023.

Kegiatan Jambore yang dilaksanakan pada tanggal 4 September 2023 di Taman Kota Kolaka ini memiliki tujuan utama sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan para kader Posyandu terkait tugas rutin yang dilaksanakannya di posyandu masing-masing. Selain itu, Jambore ini juga sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar kader posyandu se-Kabupaten Kolaka dengan harapan para kader dapat saling bertukar pengalaman terkait pelaksanaan tugas di lapangan serta mungkin terdapat inovasi-inovasi yang dilakukan dalam pelayanannya di posyandu.

Senam Pagi diikuti oleh Peserta Jambore

Sebelum memasuki acara pembukaan, diawali dengan Senam Pagi yang diikuti oleh seluruh peserta Jambore yang kemudian dilanjutkan dengan sarapan sehat bersama dengan menu yang telah dipersiapkan oleh panitia. Bupati Kolaka yang dalam hal ini diwakili oleh Pejabat Sekretaris Daerah Drs. Muhammad Bakri, SH., MH kemudian membuka secara resmi Jambore Kader Posyandu Tingkat Kabupaten Kolaka Tahun 2023 ini. Dalam sambutannya disampaikan bahwa ”Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasr bagi seluruh siklus hidup mulai dari ibu hamil, bayi, balita, anak pra sekolah, usia sekolah dan remaja, usia produktif dan lansia”.

PJ. Sekda Kolaka memberikan arahan serta membuka kegiatan

Ditambahkannya bahwa ”keberhasilan pengelolaan posyandu memerlukan dukungan yang kuat dari berbagai pihak, baik dukungan moril, materil, maupun finansial. Selain itu diperlukan adanya kerjasama dan pengabdian para pengelolanya termasuk kader. Apabila kegiatan posyandu terselenggara dengan baik akan memberikan kontribusi yang besar dalam menurunkan Angka Kematian Ibu, Bayi, dan Anak Balita”.

Ketua TP-PKK Kab. Kolaka saat memberikan sambutan

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua TP-PKK Kabupaten Kolaka Ny. Hj. Herty Ahmad Safei yang juga memberika sambutannya. Beliau menyampaikan bahwa Tim Penggerak PKK berperan aktif dalam menggerakkan peran serta masyarakat melalui kegiatan penyuluhan baik yang dilakukan di posyandu maupun di luar posyandu, melengkapi data melalui Sistem Informasi Posyandu (SIP) dan menggali sumberdaya untuk kelangsungan penyelenggaraan posyandu. Posyandu merupakan wahana pelayanan dari berbagai program, maka penyelenggaraan posyandu perlu menyertakan aspek pemberdayaan masyarakat secara konsisten dengan bertujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan dasar melalui posyandu terintegrasi yang meliputi pelayanan anak dan remaja, ibu hamil, ibu melahirkan dan ibu nifas, pasangan usia subur, keluarga, dan beberapa kelompok sasaran lainnya berdasarkan kegiatan.

Perlu diketahui bahwa kegiatan ini diikuti oleh 100 orang peserta jambore, sebagaimana disampaikan secara rinci oleh Panitia Pelaksana Kegiatan Rahmatiah, S.Kep, Ns, M.Kep saat membacakan laporannya bahwa peserta Jambore Kader Posyandu ini diikuti oleh 14 orang dari TP-PKK, 14 orang dari PJ. Promosi Kesehatan Puskesmas, 62 orang kader kesehatan, dan 10 orang peserta dari Dinas Kesehatan.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kolaka saat memberikan arahan

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Hj. Andi Wahidah, S.Pd., MM pun turut memberikan sambutannya dalam acara pembukaan Jambore Kader Posyandu. Selain memberikan arahan, beliau juga tak lupa memberikan apresiasi yang tinggi kepada Para Kader Posyandu yang mana selama ini kader Posyandu merupakan ujung tombak penggerak masyarakat dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat untuk hidup sehat. Beliau juga memberikan motivasi kepada para kader untuk terus dapat bekerja melaksanakan tugas secara ikhlas mengabdi kepada bangsa dan negara dalam upaya mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Selanjutnya Pj. Sekda Kolaka didampingi Ketua TP-PKK, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas PMD, dan Lurah Sea menyerahkan secara simbolis buku pegangan kader. Setelah rangkaian acara pembukaan selesai, kemudian dilanjutkan pemaparan materi dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa AGUS, S.IP,. MT.

Kader Posyandu Kec. Baula saat menampilkan Yel-Yel Posyandu

Acara dilanjutkan dengan berbagai lomba berhadiah yang telah dipersiapkan oleh panitia tentunya. Yang pertama adalah Lomba Yel-Yel Posyandu yang dilakukan oleh kader secara berkelompok, disini mereka menunjukkan kemampuan dan inovasinya dalam menciptakan yel-yel guna menarik minat masyarakat untuk datang ke posyandu. Selanjutnya adalah lomba penyuluhan kesehatan yang diikuti secara perorangan oleh perwakilan kader dari masing-masing wilayah kerja puskesmas. Lomba ini untuk menguji kemampuan kader dalam memberikan penyuluhan keseehatan dasar kepada masyarakat dengan tema penyuluhan secara acak. Selanjutnya lomba mengisi Kartu Menuju Sehat (KMS) yang dilaksanakan secara berkelompok. Pengisian KMS merupakan kegiatan rutin bagi kader di posyandu setiap bulannya, disini panitia memberikan studi kasus penimbangan bayi/balita yang kemudian harus disimpulkan oleh para peserta lomba. Kemudian lomba yang selanjutnya adalah 25 Kecakapan Kader, lomba ini untuk mengukur sejauh mana pemahaman kader posyandu terhadap kompetensinya dalam setiap jenis pelayanan yang ada di posyandu. Selain itu lomba ini juga untuk meningkatkan kekompakan sesama kader posyandu. Dan untuk lomba yang terakhir adalah kuis cepat tepat, disini panitia mengajukan suatu pertanyaan yang berkaitan dengan tugas dan pengetahuan dasar kader yang kemudian dijawab secara rebutan oleh para peserta, suasana riuh dan seru tampak dalam setiap jenis lomba.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan saat menyerahkan hadiah kepada pemenang salah satu jenis lomba

Setelah semua rangkaian lomba selesai, panitia kemudian mengumumkan juara dari setiap lomba sekaligus penyerahan hadiah bagi para pemenang yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, dan Sub Koordinator Program Promosi Kesehatan. Tidak hanya lomba antar kader, pihak panitia yang sekaligus koordinator program promosi Kesehatan Kabupaten Kolaka juga memberikan apresiasi dalam bentuk bingkisan kepada Programmer Promkes Puskesmas terbaik.

Sebelum menutup seluruh rangkaian kegiatan Jambore Kader Posyandu ini, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kolaka menyempatkan kembali untuk memberikan arahan singkat. Disini beliau berpesan kepada Para Kepala Puskesmas untuk senantiasa memonitor perkembangan Posyandu yang ada di wilayahnya masing-masing, serta senantiasa mendukung pelaksanaan tugas-tugas dari kader posyandu.

Leave a Reply

*